Transit Oriented Development atau lebih dikenal dengan sebutan TOD merupakan pengembangan yang mengintegrasikan desain ruang kota untuk menyatukan orang, kegiatan, bangunan, dan ruang publik melalui konektivitas yang mudah dengan berjalan kaki ataupun bersepeda serta dekat dengan pelayanan angkutan umum yang sangat baik ke seluruh kota. Saat ini, terdapat 54 titik potensial yang terdapat dalam lokasi TOD sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Transportasi Jabodetabek.

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berperan dalam penyelenggaraan TOD sebagaimana tercantum dalam Peraturan Kepala BPTJ No. PR.377/AJ.208/BPTJ-2017 tentang Pedoman Teknis Aspek Transportasi. Dalam penyelenggaraan kawasan berorientasi angkutan umum di wilayah Jabodetabek yaitu memberikan rekomendasi teknis guna memastikan rencana pembangunan di kawasan TOD di wilayah Jabodetabek sudah memenuhi aspek-aspek transportasi dan melakukan pembinaan berupa pelaksanaan pengaturan, pengendalian, dan pengawasan.

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) telah mengeluarkan rekomendasi teknis mengenai aspek transportasi dalam TOD, yaitu:

1. TOD Dukuh Atas, Jakarta

2. TOD Gunung Putri, Bogor

3. TOD Rawabuntu, Tangerang

4. TOD Jatimulya, Bekasi

 

Baca disini