(Tangerang,  12/06/2019) Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek kembali meluncurkan layanan angkutan umum massal menuju bandara atau Jabodetabek Airport Connexion (JA Connexion) dan Jabodetabek Residence Connexion (JR Connexion). Kali ini JA Connexion melayani trayek Scientia Square Park, Summarecon Serpong menuju Bandara Soekarno Hatta (PP) dan JR Connexion dengan layanan Scientia Square Park ke Stasiun MRT Lebak Bulus.

Peresmian uji coba layanan JA dan JR Connexion ini dihadiri langsung oleh Kepala BPTJ Bambang Prihartono pada Selasa, 12 Juni 2019 di Digital Center Summarecon, Serpong. Pada kesempatan tersebut hadir pula Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, Direktur Utama Perum PPD, Pande Putu Yasa, Direktur Operasional dan Pemasaran, Bambang Suryo Susakti, dan Magdalena Juliati, Executive Director Summarecon Serpong.

Sebanyak 10 unit bus JA dan JR Connexion beroperasi melayani warga Summarecon Serpong. 4 (empat) unit untuk JA Connexion dengan rute Scientia Square Park - Jalan Scientia Boulevard - Boulevard Gading Serpong - Jalan Raya Kelapa Gading - Jalan Raya Serpong - Jalan Jalur Sutera  BSD - Gerbang Tol Kunciran 2 - Tol Jakarta - Bogor - Tol Lingkar Luar Barat - Tol Sedyatmo - Bandara Soekarno Hatta. Adapun 6 (enam) unit untuk layanan JR Connexion.

Untuk jadwal keberangkatan JR Connexion dengan trayek Scientia Square Park – Stasiun MRT Lebak Bulus, beroperasi pada pagi hari pukul 05.45 – 08.30 WIB. Adapun layanan sebaliknya, beroperasi pada sore hari mulai pukul 17.00 – 20.15 WIB. Bus akan beroperasi setiap 30 menit sekali. Dengan harga promo yang ditawarkan sebesar Rp. 10.000,- dari tarif normal sebesar Rp.15.000,-,  masyarakat dapat memanfaatkan layanan bus premium dengan berbagai fasilitas seperti gratis wi-fi, pengisian  daya untuk gawai serta fitur reclining seat.

Adapun jadwal keberangkatan bus JA Connexion trayek Scientia Square Park – Bandara Soekarno Hatta akan beroperasi mulai pukul 05.00 hingga pukul 20.00 WIB. Sementara untuk trayek sebaliknya, (Bandara Soekarno Hatta - Scientia Square Park) akan beroperasi mulai pukul  06.15 sampai dengan pukul 21.15 WIB. Selama masa promosi, masyarakat dapat menikmati layanan JA Connexion trayek Scientia Square Park - Bandara Soekarno Hatta cukup dengan tarif promo 30.000 rupiah, dari tarif normal sebesar 35.000 rupiah.

Dalam sambutannya, Kepala BPTJ menyampaikan bahwa penyediaan layanan JR dan JA  Connexion dimaksudkan untuk membuat masyarakat mau meninggalkan kendaraan pribadi dan beralih memanfaatkan angkutan umum massal. “Sama seperti tahun lalu, tahun ini kita targetkan untuk dapat mendistribusikan layanan 1000 bus kepada masyarakat”, kata Bambang. Kepala BPTJ juga menyampaikan bahwa layanan JR dan JA Connexion dimaksudkan untuk dapat mempermudah masyarakat memanfaatkan layanan angkutan umum massal dari pemukiman baik menuju bandara maupun pusat-pusat perekonomian.

Hadirnya layanan operasional bus JR dan JA Connexion juga mendapat sambutan positif dari Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar. “ Kami, pemerintah daerah mendukung jaringan transportasi publik seperti JR dan JA Connexion untuk membantu mobilitas masyarakat urban, terutama yang tinggal di Kabupaten Tangerang,”ujar Bupati Zaki dalam sambutannya.

BPTJ terus berupaya  mendukung layanan angkutan umum massal ini karena sejalan dengan amanah yang tertuang dalam Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2018 Tentang Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ). Mengacu pada RITJ, pemenuhan 60 persen modal share angkutan umum massal menjadi salah satu Key Performance Indicator yang harus terpenuhi sampai tahun 2029 mendatang.