(30/07/2020) Jelang perayaan Idul Adha 1441 Hijriah yang akan berlangsung pada Jumat, 31 Juli 2020, produksi penumpang Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang berangkat dari terminal di bawah pengelolaan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) tercatat mengalami peningkatan. Berdasarkan data yang tercatat pada 4 (empat) Terminal Bus dibawah pengelolaan BPTJ yaitu Terminal Jatijajar Kota Depok, Terminal Baranangsiang Kota Bogor, Terminal Poris Plawad Kota Tangerang dan Terminal Pondok Cabe Kota Tangerang Selatan, terdapat kenaikan rata-rata harian jumlah keberangkatan penumpang AKAP yang terjadi mulai H-6 Idul Adha atau tepatnya sejak Sabtu, 25 Juli 2020.

Dari 4 (empat) terminal di bawah pengelolaan BPTJ, kenaikan penumpang bus AKAP paling signifikan terjadi di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang. Selama bulan Juli, rata - rata penumpang bus AKAP yang berangkat  setiap hari dari Terminal Poris Plawad tercatat sebanyak 220 orang. Jelang Idul Adha, terdapat kenaikan peenumpang hingga 128% atau mencapai sekitar 503 penumpang setiap harinya. Untuk Terminal Jatijajar sejak mulai beroperasi kembali pada 4 Juli 2020, rata-rata keberangkatan penumpang AKAP selama bulan Juli  sebanyak 187 orang per hari. Menjelang Idul Adha penumpang AKAP yang berangkat dari Terminal Jatijajar naik sebesar 74% atau jika dirata rata mencapai sekitar 325 orang setiap harinya.

Kenaikan jumlah penumpang bus AKAP juga terjadi di dua terminal lain yang masih berada di bawah pengelolaan BPTJ yakni Terminal Baranangsiang Bogor dan Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan. Untuk Terminal Baranangsiang Bogor kenaikan presentase jumlah keberangkatan penumpang AKAP menjelang Idul Adha ini sekitar 34%, sementara untuk Terminal Pondok Cabe sebesar 20%. Rata-rata harian keberangkatan penumpang di Terminal Baranangsiang, Bogor pada bulan juli  sebanyak 161 orang. Namun sejak H-6 Idul Adha atau mulai Sabtu, 25 Juli 2020 rata-rata harian penumpang AKAP yang berangkat dari Terminal Baranangsiang mencapai 217 orang. Untuk Terminal Pondok Cabe keberangkatan pengguna AKAP untuk bulan Juli terdapat rata - rata penumpang sebanyak 28 orang setiap harinya. Namun menjelang Idul Adha mengalami kenaikan menjadi rata-rata sebanyak 33 orang per hari.*