Bekasi - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) kembali meluncurkan bus bandara Jabodetabek Airport Connexion (JA Connexion), kali ini  menghubungkan Bekasi dengan Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Soekarno Hatta dan sebaliknya. Bus tersebut resmi diluncurkan oleh Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Bambang Prihartono. Peluncuran dilakukan pada titik awal keberangkatan bus Jabodetabek Airport Connexion di halte bus Kemang Pratama, Bekasi (10/2).

Flag off dilakukan oleh Kepala BPTJ yang akrab disapa Bambang Pri, bersama-sama dengan Walikota Bekasi - Rahmat Effendi, Direktur Utama Perum Damri - Milatia Moemin, serta Forum RW (Rukun Warga) Kemang Pratama. Pada acara peluncuran tersebut hadir pula para warga Kemang Pratama yang antusias menyambut adanya transportasi umum yang langsung menjangkau permukiman mereka.

Bus ini merupakan kerja nyata pemerintah khusunya Kementerian Perhubungan melalui BPTJ dalam mengatasi kemacetan di Jabodetabek. "Kami bekerja keras untuk mengatasi kemacetan di Jabodetabek dan bus ini adalah salah satu upaya dalam mengurangi volume kendaraan dari Bekasi menuju bandara" ujar Bambang Pri pada pembukaan acara tersebut. "Kami memberikan layanan ini agar warga Bekasi kedepannya tidak lagi menggunakan kendaraan pribadi dalam melakukan perjalanannya ke Bandara baik Halim Perdanakusuma ataupun Soekarno Hatta dan sebaliknya" lanjut Bambang Pri.

Walikota Bekasi Rahmat Effendi yang akrab disapa Pepen menyambut baik dengan adanya layanan JA Connexion ini. Bahkan Pepen memerintahkan langsung Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi untuk membuat halte bus yang nyaman untuk JA Connexion ini. "Kami akan usahakan meningkatkan halte bus JA Connexion ini misalnya dengan menata kembali halte bus JA Connexion serta meningkatkan pelayanan di halte bus seperti WiFi dan lainnya agar memberikan kenyamanan kepada para pengguna bus ini" ucap Pepen.

BPTJ menggandeng Perum Damri untuk operator bus JA Connexion ini. Perum Damri berkomitmen untuk berkomitmen untuk menyediakan layanan bus premium untuk JA Connexion sehingga dapat menarik minat masyarakat Kemang Pratama yang pada awalnya menggunakan kendaraan pribadi menuju bandara. Sebagai awal operasional JA Connexion Kemang - Bandara Soekarno Hatta / Halim Perdanakusuma disediakan armada yang terdiri dari 2 unit bus royal yang memiliki 24 seat, 3 unit bus executive dengan 41 seat, serta 4 unit bus micro. "Kami siap meyediakan armada tambahan jika antusias masyarakat cukup tinggi" ucap Direktur Utama Perum Damri yang akrab disapa Tia. "Kami berkomitmen akan meningkatkan terus meingkatkan pelayanan terutama ketepatan waktu keberangkatan yang akan terus kami jaga" jelas Tia.

Ketua Forum RW Kemang Pratama yang biasa disapa Anwar menyebutkan bahwa warga Kemang Pratama sangat mendukung layanan bus ini. "Ada 4200 Kepala Keluarga yang ada di Kemang Pratama dan bus menuju ke bandara dan sebaliknya sangat dinantikan oleh warga Bekasi khususnya Kemang Pratama" ucap Anwar.

Trayek Bus JA Connexion Kemang Pratama Bekasi - Bandara Soekarno Hatta melalui rute Kemang Pratama - Jl. Raya Narogong - Jl. Siliwangi - Jl Achmad Yani - Tol Bekasi Barat - Tol Dalam Kota - Tol Jorr - Tol Cengkareng - Bandara Soekarno Hatta. Sementara trayek Kemang Pratama Bekasi - Bandara Halim melalui rute  Kemang Pratama - Jl. Raya Narogong - Jl. Siliwangi - Jl Achmad Yani - Tol Bekasi Barat - Cawang - Bandara Halim.

Waktu keberangkatan JA Connexion dilakukan setiap satu jam sekali, dari Kemang Pratama Bekasi menuju Bandara Soekarno Hatta dari Pukul 04.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.  Sebaliknya dari Bandara Soekarno Hatta menuju Kemang Pratama Bekasi dimulai pukul 07.00 WIB hingga 22.00 WIB. Sementara jadwal pemberangkatan Kemang Pratama Bekasi - Halim mulai pukul 04.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Sebaliknya Bandara Halim Perdanakusuma - Kemang Pratama - Bandara Halim Perdanakusuma pukul 07.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Tarif JA Connexion Kemang Pratama Bekasi - Bandara Soekarno Hatta dengan armada Royal Class seharga Rp. 65.000, sedangkan Executive Class seharga Rp. 45.000. Lalu tarif JA Connexion Kemang Pratama - Bandara Halim Rp.30.000 menggunakan bus micro.

Dengan adanya pemadu moda seperti ini di harapkan dapat memudahkan para pengguna jasa transportasi untuk melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman dengan tarif terjangkau.