predikat-bptj

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek berhasil mendapat predikat baik dengan nilai rata-rata Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 17.30 dan Indeks Persepsi Korupsi (IPK) 13.08 dalam hasil survei kepuasan masyarakat elektronik triwulan III per 30 April 2021 yang diselenggarakan oleh Pusat Pengelolaan Transportasi Berkelanjutan (PPTB) Kementerian Perhubungan.

Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi/elektronik secara mandiri pada unit kerja pelayanan publik di bawah Kementerian Perhubungan. Terkait pelayanan publik sendiri menurut UU No. 25 tahun 2009 merupakan rangkaian kegiatan untuk pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.

Adapun tujuan diadakannya survey kepuasan masyarakat secara garis besar diantaranya untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik serta Mengukur/memetakan budaya anti korupsi. Adapun poin sasaran utama yang dituju dari survey ini agar dapat mendorong keikutsertaan masyarakat dalam menilai kinerja penyelenggaraan pelayanan, penyelenggaraan pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, penyelenggara pelayanan lebih inovatif dan dapat mengukur kecenderungan tingkat kepuasan masyarakat.