(21/10/2019) Seminggu menjelang dilakukannya uji coba Sistem 2-1 di Jalur Puncak, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bersama Satlantas Polres Bogor dan stakeholder lainnya melakukan simulasi pra uji coba yang dimulai pada pukul 07.30 WIB, Minggu (20/10). Kegiatan dilakukan dengan memasang traffic cone sepanjang 1 (satu) kilometer dimulai dari Simpang Gadog hingga Jembatan Gadog Kabupaten Bogor.

Kontur jalan yang naik-turun menjadi tantangan dalam pemasangan traffic cone untuk membagi Jalur Puncak menjadi tiga lajur.  Selama simulasi berlangsung masih banyak kendaraan yang menyenggol atau melanggar traffic cone.

Dari kegiatan simulasi pra uji coba tersebut, menunjukkan jika Sistem 2-1 tidak dapat  berjalan maksimal tanpa adanya partisipasi dari masyarakat. Tidak hanya masyarakat yang tinggal di kawasan Puncak, namun juga masyarakat yang akan berlibur atau melintas Jalur Puncak. 

Diharapkan, masyarakat berperan aktif dalam menyukseskan jalannya uji coba Sistem 2-1 di Jalur Puncak yang akan dilaksanakan pada 27 Oktober dan 3 November 2019 nanti. Cara sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan konsisten pada lajur yang ditetapkan. Sebab, ketidaktertiban pengguna jalan akan berdampak pada kesemrawutan lalu lintas.

Kembali mengingatkan kepada masyarakat yang akan berlibur atau melintas di Jalur Puncak bahwa implementasi sistem 2-1 berbeda dengan sistem satu arah (one way). Saat lalu lintas mengalir dari dua arah pada waktu yang sama, ketertiban menjadi faktor penting pada uji coba sistem 2-1.  Senada dengan hal tersebut, ketertiban masyarakat yang tinggal di kawasan Puncak juga diperlukan guna menjaga kelancaran arus lalu lintas saat uji coba sistem 2 -1 berlangsung. 

Jalur Alternatif Menuju Cianjur

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek, Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, Polres Bogor dan seluruh stakeholder terus mematangkan persiapan jelang pelaksanaan uji coba Sistem 2-1 di Jalur Puncak. Selain melaksanakan sosialisasi secara masif terkait pelaksanaan uji coba Sistem 2-1, informasi mengenai jalur alternatif juga disampaikan kepada masyarakat. Mengingat, selama ini Jalur Puncak bukan hanya sebagai kawasan tujuan wisata, namun menjadi jalur yang biasa dilewati masyarakat yang hendak bepergian baik menuju Cianjur maupun Bandung.

Terdapat jalur alternatif selain Jalur Puncak untuk dapat menuju Cianjur. Rute alternaif yang dapat dilalui yakni Exit Tol Cibubur – Jl. Transyogi -  Cileungsi – Jonggol hingga Cianjur. Jalur alternatif yang terbentang memang lebih panjang dan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dibandingkan jika melintasi kawasan Puncak. Untuk itu masyarakat yang hendak memilih melalui jalur alternatif diharapkan dapat lebih siap dalam melakukan perjalanan.