Menhub Minta Swasta Gratiskan Biaya Uji KIR Angkutan Umum

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemhub) memberikan kewenangan kepada perusahaan swasta untuk melaksanakan pengujian berkala terhadap kendaraan angkutan umum dan barang.

Peresmian uji coba pelaksanaan pengujian berkala (KIR) oleh swasta ini, dilakukan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di Jakarta, Selasa (14/02/2017).

“Setelah tujuh tahun Undang-Undang No. 22 tahun 2009 dikeluarkan, akhirnya bisa dilaksanakan pemberikan kesempatan pada swasta untuk turut serta melayani uji KIR,” kata Budi didampingi Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto.

PT Hibaindo Armada Motor menjadi perusahaan swasta pertama yang melaksanakan pengujian berkala itu. Sebelumnya, pelaksanaan pengujian berkala hanya dilaksanakan unit pengujian kendaraan bermotor milik Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota.

Budi menyebutkan, pelayanan uji berkala yang selama ini dilaksanakan pemerintah memakan waktu cukup lama. Hal ini dikarenakan jumlah kendaraan wajib uji sangat banyak, sedangkan kapasitas tempat pengujian terbatas jumlahnya.

“Info dari Kadishub (DKI Jakarta) kalau KIR itu antrinya sampai 30 hari, 15 hari paling cepat,” tutur Budi.

Dengan adanya pelayanan uji berkala oleh swasta ini, dikatakan Budi, diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi operator angkutan umum/barang maupun masyarakat luas untuk dapat melaksanakan kewajiban uji berkala.

“Alangkah indahnya apabila semua 100% kendaraan-kendaraan (wajib uji) yang ada di Jakarta dan di seluruh Indonesia dilakukan KIR, sehingga tidak ada kecelakaan yang diakibatkan oleh kurangnya kemampuan safety dari kendaraan,” paparnya.

Kepada PT Hibaindo Armada Motor sebagai pilot project pengujian berkala swasta, menurut Budi, agar memberikan kesempatan kepada masyarakat juga menggunakan fasilitas pengujian berkala ini.

“Bersama Organda, agar sama-sama memberikan kesempatan kepada masyarakat pemilik angkutan umum untuk dapat melakukan uji kendaraan secara gratis,” imbuh dia.

Budi juga mengajak kepada pelaku penyedia jasa transportasi untuk melakukan pengujian berkala terhadap kendaraan yang dioperasikan. (omy)

 

Sumber : http://beritatrans.com/2017/02/14/menhub-minta-swasta-gratiskan-biaya-uji-kir-angkutan-umum/

FacebookTwitterGoogle+LinkedIn