BPTJ SEGERA KELOLA TERMINAL PULOGEBANG

Jakarta, Selasa (16/8/2016) – Kepala Badan Pengelola Transportasi (BPTJ) Elly Adriani Sinaga bersama Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Pudji Hartanto Iskandar mendampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam melakukan kunjungan ke Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, pagi ini Selasa (16/8) pukul 06.00 WIB. Hadir pula Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Andri Ansyah dalam kunjungan Menhub tersebut.

Dalam kunjungan tersebut, Menhub mengungkapkan bahwa ia mendukung penuh pengalihan pengelolaan Terminal Type A termasuk Terminal Pulogebang dari pemerintah daerah (Pemda) ke Kementerian Perhubungan.  Hal tersebut karena dianggap selama ini penataan terminal belum maksimal, dan masih jauh dari Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 40 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan.

“Segera buatkan surat kepada gubernur terkait Terminal Pulogebang. Masalah kesejahteraan akan dibuatkan skenario yang pastinya tidak akan mengurangi dari yang sudah ada”, kata Menhub Budi Karya.

Kepala BPTJ Elly Adriani Sinaga dalam kesempatan yang sama juga menyatakan kesiapannya dalam mengelola terminal tersebut. “Terminal Pulogebang merupakan salah satu terminal yang akan ditata oleh BPTJ, selain 4 terminal lainnya yaitu Terminal Kampung Rambutan, Terminal Jatijajar, Terminal Poris Plawad, dan Terminal Baranangsiang”, ujar Elly.

Kelima terminal tersebut dipilih untuk dikelola terlebih dahulu dalam waktu dekat dengan pertimbangan bahwa hasil survey menunjukkan potensi demand untuk aglomerasi di wilayah Jabodetabek berada di lima terminal tersebut.

Pada kunjungan tersebut, banyak hal yang diamati bersama. Menurut Menhub, perlu adanya peningkatan fasilitas sarana dan prasarana termasuk pelayanan tiket, kemudahan mendapatkan angkutan lain, dan ketersediaan angkot dari dan ke Terminal Pulogebang.

Fasilitas sarana komersial bagi calon penumpang dan cara agar bisa menarik perusahaan otobus mau membuka layanan di Terminal Pulogebang. Selain itu, kunjungan ini sekaligus juga untuk melihat kesiapan terminal ini dalam menampung bus yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Hal lain menurut Elly yang harus ditata di Terminal Pulogebang antara lain adalah tempat menunggu bagi penumpang dan  tempat makan/kafe. “Semua untuk kenyamanan dan pelayanan terbaik kepada masyarakat”, kata Elly. (NN/iis)

FacebookTwitterGoogle+LinkedIn