BPTJ DAN PARA KEPALA TERMINAL TANDATANGANI KESEPAKATAN

Jakarta, Rabu (2/6) – Setelah menggelar Focus Group Discussion tentang review kesiapan terminal Penumpang type A menjelang Lebaran 2016, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mengadakan jumpa pers terkait pelayanan terminal penumpang di Jabodetabek menjelang angkutan lebaran 2016. Dalam kesempatan jumpa pers tersebut, Kepala BPTJ didampingi Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto Iskandar menyampaikan hasil kesepakatan bersama yang telah di tandatangani oleh para Kepala Terminal di Jabodetabek. Penandatanganan komitmen bersama ini ditujukan dalam meningkatkan pelayanan terminal penumpang pada persiapan angkutan lebaran 2016.
Point kesepakatan tersebut mencakup unsur kesiapan pengemudi, kendaraan, fasilitas pelayanan terminal kepada penumpang dan awak kendaraan sesuai dengan Standar Pelayanan Penyelenggaraan Terminal yang tertuang dalam PM. 40 tahun 2015.
Hal-hal yang terkait fasilitas terminal dan pemanfaatannya harus menjadi perhatian dan segera dilakukan pembenahan, khususnya peningkatan pelayanan dalam rangka menghadapi lebaran tahun 2016 ini agar pelayanan yang dilakukan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Untuk pelaksanaan angkutan Lebaran, semua kendaraan harus laik jalan. Menurut Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Elly Adriani Sinaga konflik lalu lintas antara penumpang dan kendaraan umum (bus) di area terminal harus dihilangkan mengingat keselamatan yang harus diutamakan dan sirkulasi kendaraan dapat berjalan dengan baik.

“Berbagai fasilitas di Terminal sesuai PM. 40 tersebut harus menyediakan time table sebagai informasi kepada penumpang termasuk penumpang difabel. Ketersediaan fasilitas bagi ibu menyusui harus disiapkan. Toilet harus bersih dan terang. Jika perlu juga disediakan ruang pemeriksaan kesehatan”, kata Elly. (iis)

FacebookTwitterGoogle+LinkedIn