Kabar Gembira Untuk Warga di Sekitar Harvest City Cileungsi!

Cileungsi – Untuk Warga di sekitar Harvest City Cileungsi kini hadir Angkutan JR Connexion loh! JR Connexion adalah Bus premium yang melayani rute dari perumahan-perumahan di wilayah sekitar Jabodetabek menuju Jakarta. Kawasan perumahan yang dilayani adalah yang berada di Bekasi, Bogor, Cibubur, Depok, Serpong, hingga Tangerang. Kini giliran Cileungsi yang dihadirkan JR Connexion melalui rute Harvest City Celeungsi – Mangga Dua dan Harvest City Cileungsi – Blok M. Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menggandeng operator bus yaitu PT.Sinar Jaya untuk melayani warga sekitar Harvest City Cileungsi menuju pusat-pusat di Ibukota Jakarta dengan fasilitas premium. PT. Sinar Jaya resmi membuka rute baru JR Connexion melalui titik kebarangkatan dan titik akhir di Harvest City Cileungsi. Bertempat di Harvest City Kepala BPTJ, PT.Sinar Jaya, Kadishub Kabupaten Bogor, Dirjen Bina Marga, Korlantas Polri, Dirlantas Polda Metro Jaya membuka peresmian JR Connexion dengan melakukan flag off (14/2).

Saat ini pemukiman tumbuh begitu pesat dikarenakan pertumbuhan masyarakatnya untuk itu dengan adanya JR connexion dapat memberikan alternatif kepada masyarakat untuk mengurangi kemacetan yang ada di Jabodetabek.

“Target antara 1-2 bulan peminat dari JR Connexion ini sudah harus melebihi 50% dan nantinya akan di evaluasi. Kita bekerjasama dalam mempromosikan layanan premium dari Harvest City Cileungsi – Blok M dan Harvest City Cileungsi – Mangga Dua,” Kata Kepala BPTJ saat membuka acara peresmiaan JR Connexion di Harvest City Cileungsi.

JR Connexion adalah layanan Bus Premium yang menyasar warga menengah ke atas, khususnya pengguna mobil pribadi. Dengan adanya layanan bus itu diharapkan ke depannya pengguna kendaraan pribadi mau berpindah menggunakan angkutan umum,

“Untuk kedepan BPTJ punya strategi yang akan di dekatkan dengan jaringan-jaringan utama transportasi. Yang pertama adalah berbasis rel dengan pengembangan konsep TOD, yaitu perumahan-perumahan akan kami dekatkan kepada pusat-pusat atau simpul-simpul  transportasi yang ada sehingga masyarakat yang tinggal disitu sewaktu berpergian langsung naik angkutan massal, jadi tidak butuh lagi kendaraan pribadi.” Tambah Bambang Pri selaku Kepala BPTJ saat memberikan sambutan di acara Uji Coba JA Connexion Harvest City Cileungsi.

“Oleh karna itu tugasnya pemda Kadishub Kabupaten Bogor untuk menyediakan angkutan lanjutannya (feeder). Untuk Bekasi sudah memiliki feeder angkutan yang bernama Trans Patriot, oleh karna itu diharapkan Kabupaten Bogor juga punya feeder-feeder seperti Trans Patriot dan diharapkan mulai sekarang harus dipikirin angkutan lanjutannya,”. tambah Kepala BPTJ yang akrab di sapa Bambang Pri.

Harvest City Cileungsi melansir masterplan baru untuk menyelaraskan perkembangan terkini pembangunan infrastruktur dan jalur transportasi massal, sehingga fungsi-fungsi area hunian, komersial, dan pengembangan fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) makin terintegrasi. Melihat makin pesatnya pembangunan property di wilayah sekitar Cibubur, Harvest City yang mempunyai konsep skala kota diprediksi akan menjadi trendsetter perumahan di koridor Cibubur-Jonggol, “Untuk meningkatkan jadi kota mandiri dengan modal transportasi yang mencukupi dengan fasilitas bus yang premium dan rute baru ini kami berharap banyak warga di Harvest City Cileungsi dan warga di sekitar Harvest City Cileungsi menggunakan fasilitas JR Connexion ini dan sedikit banyak bisa mengurangi kemacetan di Jakarta,” tambah Management Harvest City Cileungsi.

Karena menyasar segmen warga menengah ke atas di sekitar perumahan Harvest City Cileungsi dan fasilitas yang ada pada bus berbeda dengan angkutan umum yang sudah ada, tarif yang diberlakukan-pun adalah Rp 15.000, “JR Connexion titik keberangkatan dan titik akhir yang ada di Harvest City Cileungsi mulai beroperasi dari pukul 05.00 WIB – 18.00 WIB, spesifikasi armada juga tidak jauh berbeda dengan bus TransJakarta Jabodetabek dengan fasilitas yang premium dan sistem tiketnya sudah memakai mesin EDC dan secara bertahap akan diharapkan bisa menghunakan sistem e-ticketing,” Ungkap Direksi PT. Sinar Jaya.

Kapasitas bus JR Connexion terdiri dari 30-50 kursi tanpa adanya gantungan. Seluruh penumpang wajib mendapatkan tempat duduk. Masing-masing kursi dilengkapi dengan sabuk pengaman. Sandaran pada kursi mencapai bagian kepala dan dapat disetel apabila penumpang ingin mengistirahatkan tubuhnya sedikit ke belakang. Jarak antara kursi di depan dan di belakangnya cukup lega. Dalam posisi tubuh setengah tiduran, lutut penumpang tidak akan menyentuh kursi yang ada di depannya. Dengan rute Harvest City Cileungsi – Blok M (via Legenda Wisata – Plaza Cibubur – Wiladatika – Komdak – Senayan – Ratu Plaza – Bulungan) dan Harvest City Cileungsi – Mangga Dua (Komdak – Sudirman – Thamrin – Harmoni – Mangga Dua). JR Connexion menyasar segmen penumpang yang berbeda dengan bus TransJakarta. Golongan masyarakat yang diincar untuk jadi penumpang JR Connexion adalah masyarakat menengah ke atas.

Dengan di bukanya rute baru JR Connexion Harvest City Cileungsi – Blok M dan Harvest City Cileungsi – Mangga Dua oleh BPTJ beserta operator Bus (Sinar Jaya) dalam rangka penanganan kemacetan secara berkelanjutan di wilayah Jabodetabek. Untuk itu, BPTJ terus berupaya mengajak masyarakat beralih ke angkutan umum.

FacebookTwitterGoogle+LinkedIn