Uji Coba Hari Pertama Pengaturan Angkutan Barang Golongan IV dan V di Jalan Tol Cikampek

Hari ini (16/10/2017) dimulai uji coba pengaturan angkutan barang bagi truk golongan IV dan V di jalan tol ruas Cikampek

Berdasarkan hasil pantau dan pengamatan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) pada pemberlakuan uji coba, pengaturan angkutan barang golongan IV, V pada gardu tol Cikarang Timur, Cikarang Pusat, pukul 06.00-08.00 terpantau tertib untuk tidak masuk ruas tol arah Jakarta.

“Terdapat potensi pengendapan di dekat area gerbang tol namun didominasi angkutan barang dibawah empat gardan,” ujar Kasubdit Pengawasan Lalu Lintas dan Angkutan BPTJ Torang Hutabarat.

Sedangkan di Tol Cibatu, Bandung, terpantau untuk angkutan barang golongan IV dan V masih tertib tidak memasuki gerbang tol.

“Di sana juga tidak terdapat area pengendapan di sekitar gerbang tol. Pengendapan dilakukan di kawasan industri Jababeka”, ungkapnya.

Pada tol Cikarang Barat, ditambahkan Torang, situasi sama kendaraan angkutan barang yang lewat didominasi golongan III ke bawah.

“Kendaran golongan IV dan V nyaris tidak ada yang beroperasi, meskipun masih ada yang lewat, mereka terpantau berada di rest area Cikarang Barat”, tuturnya.

Beberapa kawasan industri menunda keberangkatan angkutan barangnya dan melakukan pengendapan di area kawasan Gerbang Tol (GT) Dawuan. Beberapa truk nampak telah parkir sementara di area sebelum GT. Karawang Barat sebelum pukul 06.00 WIB.

Torang juga menambahkan bahwa dimasa uji coba hari pertama ini masih ada beberapa truk angkutan barang golongan 4 dan 5 yang mencoba masuk gerbang tol. Hal ini dikarenakan mereka merasa belum tersosialisasi. (CA/is)

FacebookTwitterGoogle+LinkedIn