KRL Lintas Bekasi – Cikarang Dioperasikan

Masyarakat Kota Bekasi hingga Cikarang kini dapat melakukan perjalan lebih mudah, pasalnya KRL Lintas Bekasi – Cikarang telah resmi dioperasikan (7/10). Jalur ini akan melintas di Stasiun Bekasi, Stasiun Bekasi Timur, Stasiun Tambun, Stasiun Cibitung dan Stasiun Cikarang

Pengoperasian KRL Lintas Bekasi Cikarang diresmikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang juga sekaligus meresmikan Stasiun Bekasi Timur. Pada peresmian tersebut hadir pula Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Bambang Prihartono, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi serta perwakilan Duta Besar Jepang untuk Indonesia. Pembangunan KRL Lintas Bekasi Cikarang ini bekerja sama dengan pemerintah Jepang.

“Pemerintah secara konsisten memberikan dukungan dan melakukan pembangunan transportasi masal” jelas Menhub Budi Karya. “Mengingat sebanyak 1 juta orang menggunakan kereta api untuk mobilitasnya menuju Jakarta sehingga angkutan masal ini menjadi sangat penting” ujar Budi Karya.

Walikota Bekasi Rahmat Effendi menyambut baik pengoperasian KRL Lintas Bekasi Cikarang dan peresmian Stasiun Bekasi Timur ini. “penduduk Kota Bekasi berjumlah 2.6 jiwa dan sebanyak lebih dari 150.000 orang melakukan perjalanan ke Jakarta” jelas Rahmat Effendi. “Jarak stasiun ini kurang dari 300 meter menuju ke terminal Kota Bekasi jadi nanti kita sediakan pedestrian yang baik sehingga seluruh penumpang yg turun dari stasiun Bekasi Timur dapat melanjutkan perjalanan langsung melalui terminal Bekasi” ujar Rahman Effendi. Rahmat Effendi juga mengatakan bahwa telah menyiapkan bus Trans Patriot yang terintegrasi dengan Stasiun Bekasi Timur.

WhatsApp Image 2017-10-07 at 17.22.20Bambang Prihartono, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) yang turut mendampingi Menteri Perhubungan pada acara peresmian tersebut memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Bekasi karena telah mempersiapkan Bus Trans Patriot yang terinterasi dengan Stasiun Bekasi Timur. “BPTJ berinisiasi untuk mendorong pemerintah daerah ataupun operator bus untuk menyediakan moda transportasi yang dapat mengintegrasikan stasiun dengan moda transportasi lainnya sehingga pergerakan orang dapat lebih teratur” jelas Bambang Pri.

Pengoperasian lintas Bekasi Cikarang ini bertujuan untuk memperpanjang lintas pelayanan KRL dari Bekasi sampai Cikarang serta untuk memisahkan lintas utama kereta api jarak jauh dan jarak menengah dari lintas kereta api commuter line yang ada di Jabodetabek sehingga dapat meningkatkan frekuensi perjalanan kereta api dan meningkatkan kapasitas angkut kereta yang pada akhirnya dapat memenuhi kebutuhan mobilisasi masyarakat di Kota Bekasi hingga Kabupaten Bekasi dan sekitarnya yang juga didukung dengan sarana dan prasarana transportasi yang aman, nyaman dan handal. (VE/Is)

FacebookTwitterGoogle+LinkedIn