TOD Dukuh Atas

Gambar: Contoh Fasilitas Integrasi Dengan Konsep TOD

Pada Tahun 2017 BPTJ bekerjasama dengan PT. MRT Jakarta menyusun Master Plan Fasilitas Integrasi / TOD (Transit Oriented Development) di simpul terbesar yaitu Dukuh Atas. Pada Tahun 2019 akan beroperasi 5 (lima) moda SAUM (Sistem Angkutan Umum Massal) yang berbeda yaitu Kereta KCJ, BRT (Bus Rapid Transit), KA Bandara, LRT (Light Rapid Transit) dan MRT (Mass Rapid Transit).

Pada tahun 2016 BPTJ dan PT. MRT Jakarta telah menyusun 2 (dua) konsep fasilitas integrasi/TOD di Dukuh Atas sebagaimana terlihat pada gambar berikut di bawah ini:

Konsep 1:

Fasilitas Integrasi berupa sky bridge berbentuk lingkaran di atas jalan Sudirman yang menghubungkan Stasiun Kereta KCJ, Halte BRT TransJakarta, Stasiun Kereta Bandara Soekarno-Hatta, Stasiun LRT Kemenhub dan Stasiun MRT.

 

Gambar: Konsep Fasilitas Integrasi berupa sky bridge berbentuk lingkaran

 

Konsep 2:

Fasilitas Integrasi berupa bangunan dengan konsep TOD yang tidak hanya menghubungkan simpul angkutan umum massal tetapi juga menghubungkan gedung-gedung perkantoran dan komersial yang terdapat di sekitarnya. Pada bangunan tersebut akan terdapat kawasan komersial (pusat perbelanjaan, restoran, hiburan, dan lain-lain), Kawasan Terbuka Hijau, dan kawasan perkantoran.

Gambar: Konsep Fasilitas Integrasi berupa bangunan dengan konsep TOD

FacebookTwitterGoogle+LinkedIn