Elevated busway Koridor 13 TransJakarta, Tingkatkan Kemudahan Mobilitas Masyarakat Jakarta-Tangerang

JAKARTA – Operasional elevated busway koridor 13 TransJakarta yang akan menghubungkan Jakarta-Tangerang dan sebaliknya sebentar lagi akan diresmikan. Berbagai persiapan terus dilakukan termasuk uji coba yang sudah beberapa kali dilaksanakan.

Setelah dilakukan ujicoba, elevated busway TransJakarta koridor 13 akan resmi beroperasi dengan melintasi Tendean – Rawa Barat – Tirtayasa – Trunojoyo Csw – Mayestik – Velbak – Pasar Kebayoran lama- Seskoal – Cipulir – Swadarma – Jorr – Adam Malik – Puri Beta.

“Beberapa persiapan dilakukan agar tepat pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2017 TransJakarta Koridor 13 dapat resmi beroperasi,” jelas Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono dalam Rapat Koordinasi di Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Dengan adanya Koridor 13 ini, menurut Bambang Pri, diharapkan perjalanan masyarakat pengguna jasa angkutan Jakarta – Tangerang bisa lebih mudah.

Beberapa persiapkan telah dilakukan diantaranya, Sertifikat Laik Fungsi Jalan, melengkapi lampu penerangan jalan, rambu dan marka jalan, pelebaran jalan, pembangunan halte TransJakarta di perumahan Puri Beta 1 dan 2, sistem satu arah di Jln. Hos Cokroaminoto dan kawasan perumahan Puri Beta. Uji coba bus TransJakarta tanpa penumpang pada malam hari dan beberapa hal lainnya terkait kesiapan TransJakarta koridor 13.

“Koridor 13 ini nantinya juga terkoneksi dengan TransJakarta koridor 8 melalui halte Velbak, rencana integrasi halte Tendean dengan koridor 9 (Tegal Parang) dan juga terkoneksi dengan skywalk menghubungkan CSW dengan MRT Station.

“Tentunya hal ini dapat membuat perjalanan dengan menggunakan transportasi umum menjadi lebih mudah dan hemat waktu,” tutur Bambang Pri.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Bambang juga menegaskan agar semua pihak dapat mempersiapkan sebaik mungkin.

“Masyarakat harus dapat terlayani dengan baik” ujar bambang Pri.

Pemerintah kota Tangerang menyambut baik adanya koridor 13 TransJakarta ini yang dapat mempermudah perjalanan orang dari Tangerang menuju Jakarta dan Pemerintah Kota Tangerang bersedia membantu penuh dalam rangka pengoperasiannya.

“Prioritas kita adalah melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya,” pungkas Bambang Pri. (CA/is)

FacebookTwitterGoogle+LinkedIn