TERMINAL BEKASI TETAP BERKELAS A

Bekasi (7/7) – Terminal Bekasi sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dinyatakan tetap sebagai terminal tipe A. Awalnya Pemerintah Daerah Kota Bekasi mengusulkan penurunan kelas Terminal Bekasi dari tipe A ke tipe B namun hal tersebut tidak disetujui pemerintah pusat. Hal ini berarti Terminal Bekasi tetap harus diserahkan dan dikelola oleh pemerintah pusat. Mengingat terminal ini masih berada di wilayah Jabodetabek, maka nantinya akan dikelola oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Menurut Kepala Terminal Bekasi Bambang Hendrianro, Terminal Induk Bekasi tidak dapat berpindah menjadi tipe B karena di terminal tersebut melayani kendaraan umum Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). “Terminal Induk Bekasi ini kan melayani bus AKAP juga, jadi tetap menjadi terminal tipe A,” kata Bambang.

Pengklasifikasian Terminal Bekasi tersebut menurut Direktur Prasarana BPTJ Risal Wasal telah sesuai Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 31 Tahun 1995 tentang Terminal Transportasi Jalan. Terminal penumpang tipe A adalah terminal yang melayani kendaraan umum untuk angkutan Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) dan/atau Angkutan Lintas Batas Negara, angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), Angkutan Kota dan Angkutan Pedesaan.

Terminal penumpang tipe B berfungsi melayani kendaraan umum untuk angkutan Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP), Angkutan Kota dan Angkutan Pedesaan. Dan suatu terminal masuk kategori terminal penumpang tipe C jika terminal tersebut berfungsi melayani kendaraan umum untuk Angkutan Kota dan Angkutan Pedesaan.

Terkait pengelolaan Terminal Induk Bekasi yang nantinya akan dikelola oleh BPTJ, Risal Wasal mengatakan proses pengalihan P3D untuk Terminal Induk Bekasi tetap berjalan. “Saat ini masih dalam tahap inventarisasi dan pengumpulan data. Ditargetkan proses P3D selesai pada tahun 2017,” kata Risal.

Kepala Sub Direktorat Prasarana Jalan, Erna Suharti menambahkan bahwa pada tahun 2017 ini telah dilakukan diklat untuk para pengelola terminal. “Persiapan pengambilalihan terminal ini kita mulai peningkatan kompetensi personil. Untuk terminal tipe A Kota Bekasi, kita ikut sertakan personil dari Terminal Induk Bekasi dalam diklat SDM terminal. Beberapa personil tingkat manajer dan operator telah ikut serta di bulan Mei lalu,” ujar Erna.

Hal lain yang tengah disiapkan saat ini yaitu mendata dan menata bus AKAP yang akan melayani penumpang dari dan ke Terminal Bekasi. Selain itu menurut Kepala Terminal Induk Bekasi, pihaknya juga tengah menata angkutan kota dan feeder untuk SAUM (Sistem Angkutan Umum Massal) BRT (Bus Rapid Transit), LRT (Light Rapid Transit) dan KCJ (KAI Commuter Jabodetabek) di bawah pengawasan dari BPTJ. (VE/is)

FacebookTwitterGoogle+LinkedIn