PRODUKSI TERMINAL PULO GEBANG TERUS MENINGKAT

Jakarta (3/7) – Pada musim mudik Lebaran 2017, penumpang yang tiba di Terminal Terpadu Pulo Gebang Senin 3 Juli 2017 sudah terlihat peningkatannya. Data Angkutan Lebaran Senin, 03 Juli 2017 (H+7) di Terminal Bus Terpadu Pulo Gebang Pukul 00:00 WIB – 23:59 WIB tercatat untuk keberangkatan sebanyak 125 bus dengan penumpang sebanyak 1.872 orang. Untuk kedatangan, bus yang tiba sebanyak 540 unit dan 13.435 orang penumpang.

Total keseluruhan data bus dan penumpang periode 15 Juni hingga 3 Juli pukul 00.00 – 23:59 WIB di Terminal Terpadu Pulo Gebang untuk keberangkatan yaitu 3.588 unit bus dan 97.985 orang penumpang. Sementara itu, untuk kedatangan sebanyak 4.665 unit bus dan 75.019 orang penumpang.

Berikut hasil pantauan Tim Berita Website pada tanggal 3 Juli 2017 di Terminal Terpadu Pulo Gebang.

Diawali dengan kegiatan apel pagi yang dipimpin oleh Kasubbag Tata Usaha Terminal Pulo Gebang, para pekerja terminal nampak bersiap memberikan pelayanan maksimal kepada para penumpang yang menggunakan Jasa Terminal Terpadu Pulo Gebang hari itu.

Seluruh petugas nampak bersiap. Pukul 07.51 WIB para teknisi melakukan pengecekan perawatan mesin-mesin, panel-panel, send filter, tangki BBM, instalasi pemipaan area ruang mesin pump. Setelah itu, dilakukan pengecekan perawatan mesin sampit air kotor, panel dan juga intalasi pemipaan air kotor.

Sementara itu, para petugas di jalur kedatangan sigap mengatur jalur area kedatangan dan mengarahkan penumpang ke jalur angkutan dalam kota, serta membimbingnya agar tidak tersesat. Di area keberangkatan, nampak petugas rampcheck pun terus aktif memeriksa bus-bus yang akan berangkat hari itu.

Untuk antisipasi penumpang yang datang dari luar Jawa, telah disiapkan feeder bus yang ada di Terminal Terpadu Pulo Gebang, seperti TransJakarta yang siap standby mengantar para penumpang yang baru tiba di Terminal Terpadu Pulo Gebang ke berbagai tujuan. Di Terminal Pulo Gebang ada 7 bus tujuan Rawamangun, 5 bus ke Pinang Ranti, 5 bus ke Pasar Minggu, dan 5 bus ke Lebak Bulus. Juga ada beberapa KWK ke jurusan lain,” kata Komandan Regu Terminal Terpadu Pulo Gebang Mahmud.

Untuk area kedatangan, hari itu hingga siang hari masih cukup meriah. Petugas nampak melakukan pemeriksaan kelengkapan surat bus AKAP,di bantu security yang mengarahkan penumpang ke jalur dalam kota.

Hingga sore hari, aktivitas di terminal terus ramai. Para petugas tak mau kalah meramaikan suasana. Pukul 15.23 WIB, di saat para penumpang mulai agak lengang, Terminal yang dipimpin oleh Bapak Ismanto tersebut melakukan pengecekan dan perawatan sanitasi aksesoris toilet-toilet. Plt. Kepala BPTJ Bambang Pihartono sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Ini baru keren. Sampai ke toiletnya pun harus terawat dan nyaman,” ujar Bambang.

Petugas cleaning pun diarahkan untuk terus proaktif. Setelah penumpang yang berangkat mereda dan sebelum para penumpang dari mudik tiba, cleaning service memastikan kebersihan tetap terjaga demi kenyamanan penumpang maupun pengunjung di area kedatangan. (CA/SUK/is)

FacebookTwitterGoogle+LinkedIn