BUS AKAP MENCUKUPI DI BOGOR SIAP LAKUKAN MUDIK

Bogor (19/6) – Terminal Baranangsiang di masa angkutan Lebaran 2017 ini telah menyiapkan bus AKAP terdapat 32 trayek yg berangkat dari terminal. Dengan rincian bus besar 133 unit dan bus sedang 83 unit.

Selain berangkat dari Terminal Baranangsiang, untuk wilayah Bogor, sejumlah Bus AKAP juga ada yang berangkat dari pool, seperti pool Lorena di Tajur, Bogor. Untuk bus AKAP yang berangkat dari pool terdapat 32 trayek dengan bus besar sebanyak 82 unit.

Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Terminal Baranangsiang terdapat 18 trayek. Bus besar 66 unit dan microbus 112 unit. Selain itu juga disiapkan kendaraan cadangan dari PO sebanyak 82 unit.

Armada Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang berangkat dari Terminal Baranangsiang tersedia untuk angkutan lebaran sekitar 133 unit bus. Masing-masing berkapasitas 52 seat.  Sementara itu, bus sedang dengan kapasitas 24 seat tersedia sebanyak 82 unit bus.

Untuk angkutan AKDP, jumlah seat yang tersedia per hari sebanyak 6120 seat dengan rincian menggunakan bus besar 3432 seats dan bus sedang 2688 seats.

“Telah kami koordinasikan juga dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bahwa Terminal Baranangsiang ini untuk bus besar yang menuju keluar provinsi bisa mengangkut 6.916 orang dan bus sedang bisa mengangkut 1.992 orang. Jadi total yang bisa diangkut per hari 8.908 orang. Saya rasa ini cukup memadai untuk memastikan tak ada penumpang yang terlantar,” Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor Rakhmawati.

Untuk wilayah Bogor, bus AKAP yang berangkat dari pool, seats yang tersedia sekitar 4.018 seats. Menurut Sumardono ini akan mencukupi untuk melayani pemudik masa Angkutan Lebaran 2017.

Semua bus tersebut tentu di-rampcheck untuk dipastikan bahwa bus tersebut cukup aman digunakan saat angkutan Lebaran. Pengecekan ini dilakukan sesuai instruksi Menteri Perhubungan dan diharapkan angkutan Lebaran tahun ini zero-accident. (CA/Suk/is)

FacebookTwitterGoogle+LinkedIn