ARUS MUDIK DI JALAN TOL CIKARANG UTAMA

Cikarang (18/6) – Cikarang Utama merupakan salah satu jalur keluar Jakarta saat musim mudik Lebaran. Arus lalu lintas yang meninggalkan Jakarta pada Minggu (18/6) terpantau cukup ramai. Setelah dikonfirmasi ke petugas yang berjaga di pintu tol gardu Cikarang Utama yang terletak di KM.29 tersebut, pada hari Minggu ini memang terjadi kenaikan jumlah kendaraan yang melintas dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Gerbang Tol Cikarang Utama merupakan gerbang tol dengan arus kendaraan yang terpadat pada saat libur lebaran, bahkan juga pada masa liburan panjang.

Untuk mengantisipasi padatnya antrian di gerbang tol Cikarang Utama, pihak Jasa Marga sudah mempersiapkan sejumlah rencana diantaranya penambahan gerbang tol dari 13 menjadi 20 gerbang tol.

Ada beberapa inisiasi yang dilakukan yaitu meningkatkan gerbang yang tadinya hanya 13 gerbang menjadi 20 gerbang. Selain itu, terdapat rencana lain yang disampaikan untuk mengantisipasi padatnya tempat istirahat (rest area), pihak Jasa Marga membangun empat Parking Bay.

Saat liputan tim website BPTJ, gardu tol yang dioperasikan yaitu 14 gardu pada exit (arah cikampek) dan 25 gardu dioperasikan pada entrance (arah jakarta).

Pembuatan empat tempat parkir atau parking bay ini bertujuan agar masyarakat yang hendak mudik bisa istirahat di sana untuk melepas penat. Parking bay dilengkapi dengan mushola dan toilet.

Pihak Jasa Marga sendiri memperkirakan puncak arus mudik 2017 jatuh pada tanggal 23 Juni atau hari Jum’at dengan jumlah prediksi sekitar 120.000 kendaraan.

Dari hasil laporan monitoring yang dilakukan TIM BPTJ di Gerbang tol gerbang tol Cikarang Utama, jumlah kendaraan tanggal 18 Juni 2017 shift III (06.00 s/d 14.00) sebagai yang melintas yaitu

Untuk arah Jakarta Gol I sebanyak 21.141 unit kendaraan, Gol II  sebanyak 1.960 unit, Gol III sebanyak 559 unit, Gol IV sebanyak 432 unit,  dan Gol V sebanyak 338 unit. Total kendaraan yang masuk ke Jakarta melalui Gerbang Tol Cikarang utama sebanyak 24.436 unit.

Sementara itu untuk kendaraan yang menuju Cikampek terdapat Gol I sebanyak 20.697 unit, Gol II sebanyak 1.480 unit, Gol III sebanyak 401 unit, Gol IV sebanyak 319 dan Gol V sebanyak 261 unit. Total yang keluar dari Jakarta dan sekitarnya menuju Cikampek sebanyak 23.158 unit. (CA/Suk/is)

FacebookTwitterGoogle+LinkedIn