E-Ticketing Terminal Segera Terwujud

Sesuai perintah dari Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, sistem e-ticketing di Terminal Bus Pulogebang, Jakarta Timur, diberlakukan efektif mulai angkutan Lebaran.

“Pemberlakuan e-ticketing ini menjadi bagian dari kepedulian pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kepada pemudik Lebaran,” kata Elly.

Dengan e-ticketing, dia menuturkan masyarakat pengguna jasa bus antarkota antarpropinsi dimudahkan transaksi dan jaminan mendapatkan pelayanan bus, termasuk di dalamnya jaminan kursi dan jadwal keberangkatan.

Karena di tiket tercantum data bus dan jadwal keberangkatan, Elly Adriani Sinaga menegaskan masyarakat dapat komplain bila bus terlambat atau tidak beroperasi.

Pada sisi lain, e-ticketing amat membantu perusahaan bus AKAP dalam memberikan pelayanan kepada penumpang. Tidak lagi manual dan melibatkan petugas ‘marketing di terminal. Petugas mereka tidak perlu lagi menarik-narik calon penumpang.

“Di Terminal Pulogebang ini ada 116 perusahaan otobus. Mereka harus berlomba dalam menggaet penumpang. Ke depannya tidak seperti itu lagi. Mereka cukup duduk manis menanti penumpang yang datang. Mereka sudah dibekali dengan kemampuan untuk bertransaksi secara elektronik. Tiket tidak lagi ditulis secara manual dengan tangan,” tuturnya.

Nantinya penumpang yang memiliki e-ticketing saja yang bisa masuk ke area keberangkatan bus AKAP. Karena gate akan terbuka apabila tiket di-tap.

Dengan demikian, menurut Elly area keberangkatan bus bisa steril dari calon penumpang tidak bertiket, petugas marketing bus, serta orang-orang yang tidak terkait dengan operasional bus.

Pada sisi lain, dia mengutarakan dengan sistem e-ticketing maka operator terminal memiliki data real time mengenai jumlah penumpang dan jumlah bus beroperasi.

FacebookTwitterGoogle+LinkedIn